Cara Menjalankan YouTube Sambil Membuka Aplikasi Lainnya di Smartphone

YouTube merupakan salah satu aplikasi atau platform yang paling banyak digunakan orang di dunia. YouTube memudahkan kita yang ingin menemukan video tutorial, aca TV, musik, dan hampir semua yang ada di dunia ini dapat kita saksikan di YouTube.

Namun terkadang anda hanya ingin mendengarkan musik atau suaranyasaja tanpa menyaksikan video di YouTube supaya dapat membuka aplikasi lainnya did dalam gadget anda. Sedangkan aplikasi YouTube jika ditutup maka suara juga otomatis akan mati. Berkaitan dengan hal ini pasti banyak orang yang bertanya – tanya untuk mendapatkan cara supaya dapat mendengarkan musik atau berita dan sebagainya dengan membuka tab atau aplikasi lainnya.

Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut supaya memberikan kenyamanan anda dalam menggunakan palikasi yang sangat digemari banyak orang ini. Namun untuk mendapatkan cara tesebut tak gratis dan harus mengeluarkan biaya jika menikmatinya melalui YouTube Premium.

Tetapi anda tak perlu khawatir, karena juga terdpat alternatif lain yang mudah untuk anda lakukan supaya dapat mendengarkan musik di YouTube sambil membuka aplikasi lainnya. Cara – cara di bawah ini akan menunjukkan untuk anda yang menggunakan perangkat Android maupun perangkat iOS. Berikut cara yang dapat anda lakukan untuk menikmati layanan YouTube sambil menjalankan aplikai yang lainnya.

Youtube Premium (Android, iOS)

Youtube Premium adalah masa depan. Dulu YouTube Red adalah cara resmi YouTube untuk memungkinkanmu menutup aplikasi dan terus mendengarkan, tetapi layanan tersebut telah telah hilang dan dibuat untuk mendukung Premium YouTube.

YouTube Premium juga dilengkapi dengan akses bebas iklan ke YouTube Music, pengganti Google Play Music dan Premium memberikanmu pilihan untuk mematikan layar di aplikasi itu juga. YouTube Premium akan dikenakan biaya US$ 12 (Rp170 ribu) per bulan, atau US$ 18 (Rp250 ribu) untuk langganan keluarga hingga enam anggota keluarga.

Opera Mini Browser (iOS)

Bagaimana dengan di iPhone? Ada cara untuk memutar video YouTube di latar belakang pada iOS tanpa melakukan jailbreak pada ponselmu. Semudah memutar video di Opera Mini dan kemudian menutupnya setelah mulai diputar. Berikut ini adalah tahapan untuk melakukannya:

  1. Luncurkan Opera Mini seperti biasa, dan kunjungi situs web YouTube. Pastikan kamu tetap di situs web dan tidak mengalihkan ke aplikasi YouTube.
  2. Navigasikan ke video yang ingin kamu putar di latar belakang.
  3. Di Opera Mini, ketuk O merah di sudut kanan bawah, lalu pergi ke Settings > User Agent and select Desktop. Tekan Done di sudut kanan atas saat kamu selesai.
  4. Mainkan video yang kamu inginkan saat dalam mode desktop dan kemudian tutup browser untuk kembali ke layar awalmu.
  5. Geser ke atas di layar awal untuk membuka Control Center dan membuka pemutar musik. Pada iPhone X, kamu perlu mengakses control center dengan menggesek ke bawah di tepi kanan atas layar.
  6. Di Control Center pemutaran musik , kamu akan melihat video YouTube dijeda. Cukup ketuk putar dan lanjutkan mendengarkan videomu seolah-olah kamu menontonnya di perangkatmu.

Memainkan Video di Firefox dan Chrome (Android)

Memutar video YouTube di latar belakang di Android dapat dilakukan dengan Firefox dan Google Chrome. Kamu dapat menggunakan salah satu browser, tetapi versi Chrome kamu harus versi 54 atau lebih tinggi. Berikut ini adalah tahapan-tahapannya:

  1. Luncurkan Firefox atau Chrome seperti biasa dan buka situs web YouTube.
  2. Navigasikan ke video yang ingin kamu putar di latar belakang.
  3. Buka menu pengaturan dengan mengetuk tiga titik di sudut kanan atas jendela. Setelah itu, ketuk Request Desktop Site.
  4. Mulai mainkan video dan tekan tombol Home untuk menutup browser kamu. Jika video berhenti diputar saat menggunakan Chrome, kamu mungkin juga harus menurunkan bar notifikasi dan menekan putar. Pastikan kamu tidak menutup layar sebelum menekan tombol beranda, karena itu akan menyebabkan video berhenti secara otomatis.

Picture-in-picture mode di Android Oreo3

Yang ini sepertinya sedikit curang karena ini bukan aplikasi sama sekali. Android Oreo, versi yang tergolong baru dari sistem operasi seluler Google, mendukung “mode picture-in-picture“, yang secara otomatis memunculkan jendela tampilan miniatur jika kamu keluar dari YouTube. Jendela ini dapat diseret ke mana saja di layar dan mengetuk untuk memperbesar, atau mengakses Plyaback Control.

Author: jordan smith

Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.